Langsung ke konten utama

Mabung (nyulam) pada burung pleci ala (220volt)

Mabung (nyulam) pada burung pleci ala (220volt)
MABUNG (NYULAM PADA PLECI)
sebetulnya kata MABUNG pada siklus moulting pada PLECI adalah kata yang kurang tepat karena pleci bukanlah mengalami masa MABUNG dimana semua bulu rontok secara bersamaan dalam jumlah yang relatif besar,tapi hanya mengalami pergantian dari bulu lama menjadi bulu baru. Ini harus dipahami secara cermat mengingat banyak teman2 yang memperlakukan plecinya ketika keadaan nyulam sama dengan perlakuan untuk burung besar (expl Anis,Murai dll). Perlakuan pada masa nyulam untuk pleci justru berkebalikan dengan perlakuan burung pada masa mabung. Pleci yang nyulam tidak perlu dikerodong.mandinya harus lebih sering dari biasanya,EF tetap diberikan dalam porsi seperti biasa.jemur juga diberlakukan dengan jam seperti biasanya dan jangan lupa juga untuk tetap dibawa kelapangan untuk dtrek bersama teman2nya. Yang disebut ambrol pada pleci berbeda dengan yang disebut ambrol pada burung2 besar misalnya, pada burung besar,bulu yang jatuh akan banyak sekali,dan terutama bulu2 besarnya,biasanya dimulai dari kepala,ekor dan sayap (tergantung jenis burungnya)secara bersamaan dan dalam jangka waktu yang berketerusan,tapi pada pleci,masa ambrol tersebut hanya berlangsung singkat,dan biasanya yang kan banyak jatuh adalah bulu2 halusnya.sehingga tidak akan kita (kasusnya jarang sekali) kita melihat pleci yang benar2 botak di hampir seluruh bagian tubuhnya,tapi bulu akan jatuh bertahap sedikit sedikit. Kendala yang sering dialami oleh rata2 penghobby pleci adalah nyulam yang tidak selesai-selesai ini terutama sekali tentunya berhubungan dengan metabolisme tubuhnya yang kacau, yang lebih sering diakibatkan karena makanan yang terlalu banyak mengandung protein hewani (tepung jangkrik,dll),lainnya adalah penanganan yang salah dari masa nyulamnya,dan yang lainnya faktor penempatan di rumah. Apabila anda telah memiliki cewean yang cocok,maka akan lebih tuntas dan cepat selesainya masa nyulam tadi apabila digabungkan dalam satu kandang dengan ceweannya dan tetap mandikan serta jemur seperti biasa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Tomat untuk burung pleci

Manfaat Tomat untuk burung pleci Manfaat Tomat :berfungsi untuk meredam berahi,diberikan biasanya pasca lomba,jangan berlebihan karena dapat menyebabkan penurunan berahi secara significant.  Tomat ini juga dimanfaatkan untuk agar pleci kita bisa bersuara jernih dan keras katanya para (master-master pleci).

Minuman yang bagus untuk burung pleci

Minuman yang bagus untuk burung pleci Burung pleci memang membutuhkan minuman yang penuh dengan nutrisi, apa itu nutrizi dan gizi Nutrisi atau gizi adalah substansi organik yang dibutuhkan organisme untuk fungsi normal dari sistem tubuh, pertumbuhan, pemeliharaan kesehatan, kenapa demikian ya karena dari nutrisi dan gizi lah burung pleci pertama akan sehat,senang,dan nyaman karena diluar sana (dihutan/alas) BURUNG PLECI tidak bisa mendapatkan MINUMAN yang seperti itu. lalu apakah Minumanya ! 1.witamin water  Ya memang minuman ini sangat fenomenal dikalangan pleci mania di indonesia ,lalu apa manfaatnya dari beberapa pendapat pleman diberbagai penjuru banyak yang berkata bahwa minuman vitamin water ini dapat membuat pleci cepat berbunyi dan cepat gacor/buka paruh. Mencari berita tentang bola ? 2.minute maid nutriboost rasa strowbery Dilihat dari namanya saja tanya veronika asisten virtual sudah nutri pasti banyak manfaatnya , kalo minuman minute maid nutribo

Manfaat buah pear untuk burung pleci

Manfaat buah pear untuk burung pleci Buah Pear,berguna untuk membantu menjernihkan suara dan membantu penurunan berahi pasca lomba,dapat diberikan 2 hari berturut pasca lomba. jangan lupa satukan juga sama ceweean nya biar setabil.