"No Pain, No Gain ✍"

HARI PANGAN SEDUNIA: Petani Pejuang Pangan dan Gizi Bangsaku

sumber: www.satuharapan.com

Perlindungan Asuransi Kesehatan Dengan Unit Link Commonwealth Life

Hari pangan sedunia selalu diperangati pada setiap tahun tepatnya pada tanggal 16 oktober.
Hari Pangan Sedunia didirikan oleh negara-negara anggota FAO pada konferensi umum ke-20 bulan November 1979. Delegasi Hongaria Menteri Pertanian dan Pangan, Dr. Pal Romany berperan penting pada konferensi tersebut dan mengusulkan ide perayaan Hari Pangan Sedunia. Hal ini telah diperhatikan setiap tahun di lebih dari 150 negara, meningkatkan kepedulian terhadap masalah kemiskinan dan kelaparan.

Latar belakang dan Tujuan hari pangan sedunia :


Latar belakang :
  1. Sejak Tahun 1981 Food and Agriculture Organization ( FAO ) melalui resolusi PBB No. 1/1979 menetapkan  Tanggal 16 Oktober  sebagai Peringatan  Hari Pangan Sedunia Secara Nasional.
  2. Upaya pemerintah dalam mendorong dan mempertahankan swasembada pangan, kemandirian dan ketahanan pangan  melalui kebijakan – kebijakan  yang berpihak pada  sektor pangan nasional.
  3. Pemahaman dan kepedulian masyarakat dan para stakeholder terhadap pentingnya penyediaan pangan yang cukup dan bergizi, baik bagi masyarakat Indonesia maupun dunia yang relatif masih minim.
  4. Peningkatan jumlah penduduk, konversi lahan untuk pemukiman dan industri, perubahan iklim menjadi tantangan bagi pengembangan sektor pertanian, perikanan dan kelautan serta kehutanan di Indonesia.
  5. Era Globalisasi dan Perdagangan Bebas dimana produk pangan impor membanjiri pasar Indonesia  menjadi  ancaman ketahanan pangan nasional berbasis sumber daya lokal.
 Tujuan :

TUJUAN UMUM
Meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat dan para stakeholder terhadap pentingnya penyediaan pangan yang cukup dan bergizi, baik bagi masyarakat Indonesia maupun dunia.

TUJUAN KHUSUS
  1. Memperkuat kerjasama dan membangun koordinasi fungsional yang efektif dengan melibatkan seluruh komponen pemerintahan dan masyarakat dalam rangka mempertahankan ketahanan pangan nasional.
  2. Menstimulasi dan memotivasi para stakeholder untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan ketahanan pangan dan penyebaran teknologi yang efektif dan efisien untuk peningkatan produksi pangan.
  3. Penyebaran informasi kepada masyarakat tentang pentingnya optimalisasi sumber daya lokal untuk kemandirian pangan.
  4. Meningkatkan Pemahaman dan kepedulian masyarakat dan para stakeholder terhadap pentingnya penyediaan pangan yang cukup dan bergizi.
  5. Sebagai ajang promosi dan edukasi dalam rangka katahanan & kemandirian pangan.
keywoard : http://newbipemula.blogspot.co.id/2015/11/unit-link-commonwealth-life-jos.html

Ditulis Oleh : agus pamungkas

Anda sedang membaca sebuah artikel yang berjudul HARI PANGAN SEDUNIA: Petani Pejuang Pangan dan Gizi Bangsaku, Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk anda, Mohon maaf apabila konten yang anda baca rusak atau salah dalam penulisan. Jika ada pertanyaan, kritik, dan saran yang ingin di sampaikan silahkan tulis di kotak komentar

:: Terima Kasih ! ::

Related Posts:

0 Response to "HARI PANGAN SEDUNIA: Petani Pejuang Pangan dan Gizi Bangsaku"

Post a Comment