Langsung ke konten utama

SUDAHKAH PLECI ANDA TERLENGKAPI DALAM HAL NUTRISINYA

NUTRISI ESSENSIAL YANG DIPERLUKAN PLECI SECARA UMUM 
  1. KARBOHIDRAT (biasanya sudah terkandung/tercukupi dalam voer) 
    Merupakan elemen paling utama sebagai penopang hidup pleci, kekurangan karbohidrat akan mengakibatkan tubuh pleci kurus dan kurang gizi, untuk nutrisi ini kita bisa mengambilnya dari voer sebagai pilihan paling effektif dan tidak menyusahkan bagi si perawat, yang tentunya kalau dialam sebagaimakanan utama pleci mengambilnya dari berbagai buah2an atau biji2an,dan sebagian serangga2 kecil,,apabila kita menjumpai kasus pleci kurus atau kembung bulunya, hal no 1 yang paling kita perhatikan adalah voernya, apa dimakan atau tidak, basi atau tidak, cek dengan seksama. Voer yang diberikan pada pleci WAJIB disukai oleh pleci. Cobalah perhatikan Voer yang diberikan pada pleci anda apakah benar2 dimakan dengan lahap. Sampai saat ini memang belum ada VOER yang sempurna utk makanan pleci, namun hampir semua MERK VOER sudah mempunyai kadar karbohidrat yang cukup sebagai penopang hidup pleci asal dimakan dengan lahap oleh pleci. JANGAN TERPENGARUH oleh MERK jenis VOER tertentu atau KESAKTIAN RACIKAN VOER tertentu. Cobalah mencari VOER yang benar2 WAJIBBB DISUKAI oleh pleci anda.
  2. LEMAK(usahakan tidak mengandalkan pada voer karena tidak efektif)
    Merupakan elemen penunjang yang tidak kalah penting sebagai penunjang kesehatan pleci, mungkin pleci bisa sekedar hidup dengan mengandalkan voer, namun jika ada kekurangan dari elemen ini akan membuat pleci tidak sehat, seperti BULU KERING, TIDAK BERTENAGA, MATA SAYU dll. secara LOGIKA kita bisa mengambil LEMAK dari nutrisi pleci yang mengandung minyak. setiap nutrisi yang berminyak bisa di analogikan mengandung LEMAK, terlepas minyak tersebut diperlukan atau tidaknya oleh pleci. Pleci yang tidak kekurangan LEmak akan enak dipandang karena mempunyai tampilan bulu yag bagus berkilau, energik dan badan yang ngepres (tidak kembung seolah2 kedinginan). Sebagai contoh kita bisa mengambil lemak dari EF seperti JANGKRIK (minyak jangkrik), kroto, UH, UK dll. jika tidak mau ada resiko OVER BIRAHI karena pemberian EF. Kita bisa mengambilnya dari PISANG KEPOK PUTIH, susu MURNI, jenis biji2an yang kaya akan minyak (ditumbuk halus dicampur dengan voer), KAPSUL MINYAK IKAN yang banyak dijual ditoko2 pakan (atau toko OBAT) dengan cara dicampurkan dengan voer dll, atau bisa mengambilnya dari scott emulsion diberikan 1/2 sendok 1-2x seminggu. Jangan mempercayakan pada nutrisi2 (EF HEWANI) yang sudah dikeringkan.
  3. PROTEIN (usahakan tidak mengandalkan pada voer karena tidak efektif)
    Merupakan elemen penting sebagai pendongkrak birahi dan tenaga instant, dengan ini kita bisa membuat pleci ngotot dalam berbunyi, fight, dan selalu bersemangat jika ketemu lawan(bisa lawan lomba ataupun lawan jenis). Protein tersusun oleh asam amino, dan asam amino mudah rusak ikatannya jika terkena panas. Jadi hindari pengambilan elemen ini dari nutrisi2 yang sudah dipanaskan karena rangkaian asam amino penyusun protein bisa rusak dan menjadi kurang effektif. sebagian besar protein yang effektif dan bisa terserap dengan sempurna oleh tubuh pleci adalah langsung mengambil dari nutrisi2 hidup seperti EF hewani, jangkrik, kroto, UH, UK atau bisa juga dengan telur, fumayin,,PERHATIAN !!! pemberian nutrisi2 ini diberikan setiap hari(menjadi setelan harian) dengan dosis yang sewajarnya (dosis rendah) untuk menghindari burung OB dan OVER AGRESIF, ada orang yang berpendapat asal ada aja dengan rutin. Terkecuali untuk pleci2 yang sudah siap lomba, bisa sesuai dengan setelan lombanya.
  4. KALSIUM(biasanya sudah terkandung/tercukupi dalam VOER anda)
    Merupakan elemen penting penguat tubuh, memperkeras power suara, membuat tubuh tegap dan tidak keropos. Biasanya sudah cukup terkandung dalam VOER2 yang dijual ditoko. jika memasukkan dalam racikkan kita bisa menambahkan grit (banyak dijual ditoko2 pakan), tulang ikan cumi yang dihaluskan, kerang laut yang dihaluskan, dicampur dengan voer dengan kadar yang sewajarnya.
  5. VITAMIN A-Z dan MINERAL (segala rupa jenis makanan pleci selain VOER diusahakan mengandung VITAMIN dari A-Z)
    Merupakan elemen yang tidak kalah pentingnya sebagai penunjang kestabilan peforma pleci. Semua vitamin ABCDEF yang secara logika dibutuhkan tubuh manusia dipastikan dibutuhkan oleh pleci. Nutrisi2 yang sekiranya dimakan pleci dan mengandung vitamin sangat baik diberikan kepada pleci. TErutama terkandung dalam Buah2an/sayuran. hindari pemberian vitamin dari obat2an selagi kita mampu memberikan vitamin dengan nutrisi alami langsung. vitamin A untuk penglihatan membuat pleci tidak katarak dll, vitamin B komplek , Perhatian pada Vitamin C untuk daya tahan tubuh, penetral racun, peredam BIRAHI supaya tidak terlewatkan rutinitas hariannya. Vitamin D sebagai penguat TULANG tubuh dan memperlancar METABOLISME tubuh pleci dari sinar matahari pagi sampai jam 8 dan sore dari jam 4 - 6.
JANGAN MEMBERIKAN KAPSUL2 VITAMIN UNTUK MANUSIA karena kita tidak tahu dosis tepatnya, malah efeknya bisa saja malah menjadi RACUN bagi pleci kita.Penambahan zat2 additif lain (madu, sarikurma, gula, fumayin dll) tidak diperlukan dalam rutinitas harian dalam jumlah banyak, anda bisa memakai logika dengan menghubungkannya dengan CUACA, penunjang VITALITAS, kesukaan sugesti pleci,,cukup sekali2 saja dalam dosis rendah dan harus terasa bermanfaat sekali dalam kondisi pleci anda,,,hal ini supaya tidak ada efek negatif yang menumpuk pada tubuh pleci anda..Pemberian nutrisi yang dianggap DOPING seperti ale2, tolak angin, hemaviton, fatigon, kukubima, kratingdaeng, pocari dan lain2 sangat tidak direkomendasikan. dan mesti ditinjau ulang kenapa makanan untuk manusia yang malah bisa menjadi "RACUN" tsb sampai bisa dipergunakan pada pleci2 kesayangan kita.

CONTOH kasus DOPING yang baik biasa diberikan pada sebagian pleci2 jawara sebelum LOMBA KOMPOSISI :1.kuning telor (lebih baik telor ayam kampung,,jika dirasa mau mendongkrak birahinya lagi bisa dgn telor bebek)2.madu (sgt baik di musim hujan)3.susu murni (sgt baik dimusim panas)

campur ke3nya dengan komposisi yang seimbang, lihat keadaan cuaca untuk mengatur komposisinya,diberikan pada hari lomba. (jangan dipakai untuk setelan rawatan harian.

Sumber dari pleci mania sragen di group facebook :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Tomat untuk burung pleci

Manfaat Tomat untuk burung pleci Manfaat Tomat :berfungsi untuk meredam berahi,diberikan biasanya pasca lomba,jangan berlebihan karena dapat menyebabkan penurunan berahi secara significant.  Tomat ini juga dimanfaatkan untuk agar pleci kita bisa bersuara jernih dan keras katanya para (master-master pleci).

Minuman yang bagus untuk burung pleci

Minuman yang bagus untuk burung pleci Burung pleci memang membutuhkan minuman yang penuh dengan nutrisi, apa itu nutrizi dan gizi Nutrisi atau gizi adalah substansi organik yang dibutuhkan organisme untuk fungsi normal dari sistem tubuh, pertumbuhan, pemeliharaan kesehatan, kenapa demikian ya karena dari nutrisi dan gizi lah burung pleci pertama akan sehat,senang,dan nyaman karena diluar sana (dihutan/alas) BURUNG PLECI tidak bisa mendapatkan MINUMAN yang seperti itu. lalu apakah Minumanya ! 1.witamin water  Ya memang minuman ini sangat fenomenal dikalangan pleci mania di indonesia ,lalu apa manfaatnya dari beberapa pendapat pleman diberbagai penjuru banyak yang berkata bahwa minuman vitamin water ini dapat membuat pleci cepat berbunyi dan cepat gacor/buka paruh. Mencari berita tentang bola ? 2.minute maid nutriboost rasa strowbery Dilihat dari namanya saja tanya veronika asisten virtual sudah nutri pasti banyak manfaatnya , kalo minuman minute maid nutribo

Manfaat buah pear untuk burung pleci

Manfaat buah pear untuk burung pleci Buah Pear,berguna untuk membantu menjernihkan suara dan membantu penurunan berahi pasca lomba,dapat diberikan 2 hari berturut pasca lomba. jangan lupa satukan juga sama ceweean nya biar setabil.